Memahami Nikita Mirzani

Nikita Mirzani

Hari-hari ini dunia hiburan tanah air dihebohkan oleh aksi Nikita Mirzani melabrak pengacara senior, Elza Syarief di sebuah program talkswhow. Disaksikan Hotman Paris Hutapea dan Melanie Ricardo, dua host acara talkshow tersebut, Nikita meluapkan kemarahannya kepada Elza yang duduk tenang sambil sesekali meladeni perkataan Nikita. 

Nikita murka karena merasa kedamaian hidup bersama anak-anaknya terusik oleh gugatan Sajad Ukra yang menuduhnya menelantarkan anak. Sekedar mengingatkan, Sajad adalah mantan suami kedua Nikita Mirzani. Mereka menikah pada 11 Oktiober 2013 di Jakarta Selatan. Dari pernikahan itu Niki dikaruniai seorang anak laki-laki pada tahun 2014 dan diberi nama Azka Raqila Ukra.  

Pernikahan Niki dengan Sajad sejak awal terkesan labil. Hanya berselang dua minggu setelah pernikahan digelar Nikita menggugat cerai Sajad, tapi kemudian gugatan itu dicabutnya kembali. Namun pencabutan gugatan tersebut rupanya tidak serta merta membuat rumah tangganya dengan sajad bertahan hingga maut memisahkan. Pada April 2014 Niki kembali melayangkan gugatan cerai dan kali ini gugatan itu diproses sampai hakim mengetok palu vonis cerai pada Februari 2015. 

Perpisahan Sajad dengan Niki terbilang dramatis karena terjadi pada saat Niki tengah berbadan dua dan sedang menantikan kelahiran buah cintaya dengan pria yang usianya terpaut 10 tahun di atas usia Niki. Tragisnya lagi, tidak lama setelah menjalani persalinan, Niki harus mendekam di tahanan atas kasus penganiayaan terhadap Olivia dan Beverly Sandie. Atas perkara itu, Niki sempat ditahan selama 50 hari sebelum akhirnya pihak kepolisian menangguhkan penahanan dirinya. 
Inilah salah satu titik kritis dalam kehidupan seorang Nikita Mirzani. Ia terpaksa meninggalkan putranya yang masih bayi dan tentunya sangat membutuhkan kehadiran ibunya. Tapi kejadian itu sekaligus membuktikan kalau Niki memang seorang wanita yang kuat, terlepas dari banyaknya sensasi yang ia ciptakan. Ini pula yang menjadi akar kemarahan Niki yang begitu meledak-ledak kepada Elza Syarief, pengacara Sajad Ukra di acara talkshow Hotman Paris. 

Niki marah karena merasa Sajad tidak pernah ada saat ia dan putranya melalui titik terberat dalam hidup mereka. Niki bahkan mengklaim kalau Sajad sesungguhnya tidak punya perhatian sama sekali terhadap buah hati mereka ketika ia masuk penjara. Tentang tudingan Nikia ini, pihak Sajad sudah membantahnya melalui Elza Syarief, kuasa hukumnya. Namun tetap saja dalam konsep berpikir Niki Sajad bukan sosok lelaki dan ayah yang baik sehingga tidak pantas meminta hak apa pun atas anaknya. 

Menjadi orang tua tunggal bagi tiga orang anak, Niki berusaha sangat keras untuk membuktikan kalau ia bisa membesarkan Azka dan kedua saudaranya yang lain seorang diri. Ia bekerja banting tulang agar anak-anaknya menikmati kehidupan yang layak dan berkecukupan sama seperti anak-anak selebriti lain yang hidup dalam asuhan kedua orang tua mereka. Dalam beberapa video yang dipostingnya di sosial media, tampak sekali bagaimana Niki berusaha mengambil peran ganda sebagai ibu sekaligus ayah bagi anak-anaknya. 

Bersama ketiga buah hatinya Niki bahagia dan tidak pernah lelah dan putus asa karena harus menjalani peran ganda, mengasuh dan mencari nafkah. Alhasil, Niki terbilang orang tua tunggal yang sukses. Putri sulungnya, Laura Meizani Nasseru Arsy,, atau yang akrab disapa Loly, bisa menikmati pendidikan di sekolah bertaraf internasional. Dalam beberapa kesempatan Niki mengungkapkan perasaan bangganya bisa membesarkan si sulung tanpa kekurangan suatu apa pun. 

Bagaimana Niki menafkahi ketiga buah hatinya, tak perlu ditanyakan lagi. Dia menerima dan melakoni hampir semua bidang pekerjaan di dunia hiburan, mulai dari akting, presenting, modeling, hingga pemotretan untuk majalah pria dewasa. Inilah pengorbanan seorang ibu, rela melakukan apa saja demi kebaikan, kesejahteraan dan keselamatan anaknya. 

Banyak yang mempersoalkan kepatutan dari beberapa hal yang dilakukan Niki, terutama soal keberaniannya tampil vulgar di depan kamera. Apakah ia tidak menjaga perasaan Loly, putrinya yang sudah tumbuh menjadi seorang gadis remaja? Bagaimana jika teman-teman sekolah Loly menjauhinya hanya karena tidak menyukai cara ibunya eksis di depan kamera? 

Niki selalu menganggap enteng semua pertanyaan semacam ini. Menurut Niki tidak ada yang salah dengan apa yang dia lakukan, selama itu tidak dilakukan dengan niat mengumbar nafsu. Sebab semua ia lakukan hanya sebatas peran dan tugasnya sebagai artis dan model profesional. Soal kekhawatiran akan mengganggu psikologi putri sulungnya, Niki menegaskan bahwa ia sudah mendidik anaknya untuk bisa membedakan sosoknya sebagai ibu dari perannya dan profesinya sebagai artis dan model. 

Dan anak-anak Niki pun tampaknya lebih percaya pada ibunya ketimbang asumsi miring para netizen yang terus mengeritik penampilan ibunda mereka. Mereka sudah paham bahwa ada hal yang terpaksa dilakukan sang bunda karena tuntutan profesi. Dan Niki merawat pikiran positif anak-anaknya dengan memberikan kasih sayang dan perhatian penuh ketika ia sedang berada bersama mereka. 

Di rumah Niki adalah seorang ibu yang ingin selalu mencintai anak-anaknya. Seperti ibu-ibu pada umumnya, Niki tidak akan menyia-nyiakan waktu bersama mereka. Bagi Niki, keberasamaan dengan ketiga putri dan putranya adalah moment yang tak ternilai harganya. Bersamaan dengan itu, Niki sebenarnya telah menanamkan jati diri yang sebenarnya ke dalam pikiran anak-anaknya. Bahwa ibunda mereka adalah dia yang mereka lihat di rumah, sementara yang tampil di layar kaca dan muncul dalam perbincangan para netizen di dunia maya adalah Nikita Mirzani yang harus meminjamkan tubuhnya untuk melakoni peran seturut perintah dan arahan sutradara. 

Perjuangan, kerja keras, pengorbanan dan kasih sayang serta perhatiannya yang begitu besar kepada anak-anak itulah yang membuat Niki tidak pernah mentolerir gangguan darimana saja yang diarahkan kepada anaknya. 

Barangkali dalam konteks seperti inilah kita bisa memahami angkara murka Nikita kepada Elza Syarief. Nikia adalah induk ayam yang langsung menerkam siapa dan apa saja yang coba merebut anaknya dari dekapannya, walau apa pun resiko yang harus ia tanggung. Dan benar saja, Niki kini siap menghadapi laporan Elza Syarief atas apa yang terjadi di studio talkshow beberapa hari lalu. 

Tidak hanya laporan Elza Syarief, Niki juga sedang menantikan proses hukum atas dua perkara dimana dalam kedua perkara tersebut status Niki sudah naik jadi tersangka. Dua kasus itu adalah, kasus dugaan penelantaran anak atas laporan pihak Sajad Ukra, dan kasus dugaan penganiayaan atas Dipo Latief, mantan suami ketiga Nikita.














Comments

Popular posts from this blog

Ogah Tanggapi Nikita Mirzani, Elza Syarief Antusias Bicara Maleena

Vanessa Angel: Sekedar Sensasi Atau Mencari Jati Diri?